Apa Itu VirtualBox? Serta Fungsi, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Kerja VirtualBox - Kita4Suka

Apa Itu VirtualBox? Serta Fungsi, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Kerja VirtualBox

Apa Itu VirtualBox? Serta Fungsi, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Kerja VirtualBox


VirtualBox pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Jerman (Innotek GmbH). Pada February 2008, Innotek GmbH diakusisi oleh Sun Microsystems. dan menjadi milik Oracle saat pengakuisisian Sun Microsystems.

Apa itu VirtualBox? Kalau menurut Wikipedia, VirtualBox atau Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi"tambahan" di dalam sistem operasi "utama".

Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.

Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah Vmware dan Microsoft Virtual PC.

Sistem operasi yang dapat menjalankannya antara lain Linux, Mac OS X, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Solaris, dan OpenSolaris.

Itu adalah penjelasan menurut Wikipedia, sementara menurut saya sendiri VirtualBox adalah sebuah software yang digunakan untuk membuat sebuah mesin komputer tiruan atau bisa disebut juga sebagai komputer virtual di dalam komputer atau laptop.

Komputer tiruan ini dapat digunakan layaknya sebuah komputer sungguhan, kita dapat bermain game, mendengarkan musik, menonton video, dan lain-lain, tapi tentu saja kita pertama harus menginstall sistem operasi terlebih dahulu di dalamnya.

Aplikasi ini biasanya saya gunakan untuk belajar menginstall dan mencoba sistem operasi yang baru seperti linux, karena dengan aplikasi ini kita tidak perlu repot-repot membuat sebuah bootable iso OS.

Dan, hal yang paling menarik sekaligus, menurut saya, paling bagus dari aplikasi ini adalah walau kita menginstall suatu sistem operasi/OS di aplikasi ini, tapi itu tidak berpengaruh pada sistem operasi yang kita miliki, aplikasi ini tidak seperti teknik multi-boot yang membagi kapasitas harddisk untuk menginstall lagi sistem operasi yang lain.

Sistem operasi awal yang kita miliki juga tidak akan hilang atau terganti dengan sistem operasi yang baru, jadi kalian tidak perlu takut saat mencoba menginstall suatu sistem operasi di aplikasi ini.
Intinya dengan VirtualBox kita seperti membuat sebuah komputer di dalam komputer, dengan fungsi yang hampir sama. Yap, berbicara soal fungsi, berikut adalah beberapa fungsi, keuntungan, dan kekurangan menggunakan VirtualBox,

A. Fungsi dari Virtualbox :

  • Untuk mencoba sistem operasi yang berbeda dengan sistem operasi utama;
  • Untuk mencoba sistem operasi yang baru rilis atau masih dalam tahap uji coba;
  • Untuk membuat sebuah simulasi jaringan;
  • Dapat juga digunakan untuk mencoba simulasi pengujian sebuah security, entah itu OS ataupun website.

B. Keuntungan menggunakan VirtualBox

  • Mudah digunakan, menyediakan pengaturan-pengaturan lebih lanjut;
  • Gratis;
  • Lebih ringan dibandingkan dengan aplikasi sejenis seperti Vmware;
  • Mendukung lebih banyak virtual hardisk;
  • Video memory (vga) dan performa cpu bisa diatur persentasenya.


C. Kekurangan Virtual Box

  • Tidak bisa mengakses perangkat yang membutuhkan koneksi USB dengan sempurna;
  • Beberapa game yang fullscreen tidak berjalan.;
  • Membutuhkan memory yang besar, dan anda harus pandai-pandai mengatur resource memory untuk setiap virtual machine ( jika beberapa virtual machine dijalankan sekaligus ). Low / kekurangan memory dapat membuat semua virtual machine yang sedang running menjadi hang / crash;
  • Fitur drag n drop tidak berfungsi, pada banyak virtual machine;
  • Network ID untuk satu buah virtual machine, hanya 4 buah.

Lalu Bagaimana Cara Kerja Virtualbox?

Untuk mempermudah saya sudah membuat Design yang semoga bisa membantu saya menjelaskan. kalian bisa lihat di atas.
Disana Ada yang namanya Base Os itu adalah System Oprasi yang kalian gunakan untuk menginstall virtualbox, makanya virtualbox ada di dalam kotak baseOS.
Nah di dalam virtualbox itu ada kotak warna warni anggap aja itu Guest OS, Guest Os adalah System oprasi yang terinstall di dalam virtualbox. apa aja yang bisa di sebut guest os itu ? semua system Oprasi (Linux, Windows, Unix)  yang terinstall dan berjalan di dalam virtualbox di sebut guest os.

jadi cara kerja virtualbox adalah membuat sebuah ruangan yang mana di ambil dari ruang yang kosong dari baseOS untuk di jadikan ruangan guestOs.
ruang yang guest os pakai mencakup RAM, Core Process, VGA. tapi ini hanya di gunakan untuk sementara saat guest Os nya di jalankan saja.


https://magiela01.blogspot.com/2016/12/pengertian-fungsi-kelebihan-serta.html
https://www.kitaadmin.com/2018/08/virtualbox-adalah-pengertian-fungsi.html
Please write your comments