Apa itu OpenWrt ? dan Fungsi OpenWrt - Kita4Suka

Apa itu OpenWrt ? dan Fungsi OpenWrt

Apa itu OpenWrt ? dan Fungsi OpenWrt


OpenWrt merupakan sistem operasi distribusi GNU/Linux untuk perangkat keras, biasanya untuk wireless router. OpenWrt memiliki fitur yang lengkap, dan merupakan sistem operasi yang dapat dimodifikasi untuk mengoptimalkan wireless router. OpenWrt dilengkapi dengan package management. Dengan menggunakan OpenWrt kita bisa lebih bebas mengatur konfigurasi dan menyesuaikan package yang akan digunakan untuk meningkatkan kegunaan wireless router kita.

OpenWrt merupakan proyek gratis dan open-source, mudah dan bebas diakses, dan berbasiskan komunitas. OpenWrt telah lama dijadikan sebagai best firmware solution di kelasnya.

Proyek OpenWrt dimulai pada Januari 2004. OpenWrt pertama kali dibuat untuk Linksys GPL WRT54G, buildroot dari uclibc project. Versi pertama ini dikenal juga sebagai OpenWrt "stable release" dan sudah digunakan secara luas. Di awal 2005 beberapa developer baru bergabung dalam tim pengembang OpenWrt. Setelah beberapa bulan kemudian, di publikasikan OpenWrt versi "experimental".

Apa aja sih yang bisa kita lakukan setelah memasang OpenWrt di Wireless Router kita?

Ada banyak hal yang bisa dilakukan, bahkan penggunakan IoT juga bisa menggunakan Router yang sudah terinstall OpenWrt, tentunya dengan tambahan aplikasi, pengaturan, dan perangkat yang lain.

Berikut ini adalah beberapa contoh fungsi tambahan pada router yang telah terinstall firmware OpenWrt.

1. Membuat Sistem Monitoring Ruangan menggunakan perangkat tambahan webcam
2. Membuat Musik Player dan mengendalikannya menggunakna handphone/smartphone
3. File Sharing
4. Printer Sharing,
5. Mesin Download,
6. Home Automation
dan masih banyak lagi.


https://nafiilata.blogspot.com/2016/03/apa-itu-openwrt.html
http://dhamsky.blogspot.com/2015/02/apasih-openwrt-itudhamsky.html
Please write your comments