Apa itu Content Marketing? Pengertian Content Marketing - Kita4Suka

Apa itu Content Marketing? Pengertian Content Marketing

Apa itu Content Marketing? Pengertian Content Marketing


Apa itu Content Marketing?

Pada Post kali ini kami akan mencoba membahas tentang content marketing, Isitlah yang berhubungan dengan content marketing, konten marketing, dan pemasaran konten belakangan ini sering diucapkan terutama dalam konteks digital marketing.

Ketika kalian membaca dan memahami tentang bagaiman cara memasarkan sebuah produk, tentu kalian akan sering menemui istilah-istilah tersebut. Namun, ketika awal kami membaca berbagai artikel untuk mempelajari tentang strategi pemasan banyak sekali istilah yang tidak saya mengerti, dan mudah-mudahan apabila kalian mengalami kejadian yang  sama, artikel pada halaman ini dapat membantu memahaminya

Pengertian content marketing

Agar tidak begitu membingungkan dengan istilah-istilah asing saya  sendiri mengartikan istilah tersebut secara sederhana    tentang  conten marketing yaitu menggunakan konten untuk tujuan pemasaran. Namun apabila kalian membaca pada sebuah kamus pengertian content marketing  kurang lebih a dalah sebagai berikut Content marketing adalah sebuah strategi pemasaran dimana kalian telah merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik target audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi kustomer.

Asal  tahu pengertian secara sederhana sebenarnya cukup untuk memahaminya, apabila kalian telah memahami pengertian  content marketing, sekarang apa tujuan dari pemasan konten tersebut.

Tujuan Conten Marketing

Secara garis besar tujuan dari content marketing ada 2 yang harus kalian pahami

  1. Menarik audiens baru untuk mengenal bisnis anda.
  2. Mendorong (mengajak) mereka untuk menjadi kustomer.

Bagi sebuah perusahaan  yang ingin melakukan pemasaran produk dengan tepat sasaran maka harus memperhatikan content marketing, atau membuat sebuah konten yang digunakan untuk strategi pemasaran. Harus ada sebuah tindakan yang dialakukan secara khusus agar pemasaran yang telah direncanakan jauh-jauh hari tidak seuai dengan yang diharapkan. Konten yang direncanakan harus memiliki pondasi dan strategi content marketing yang kuat dan tepat, serta berdasarkan hasil riset terhadap audiens, dan sesuai dengan bisnis yang kalian kelola.

Pendekatan strategi pemasaran terhadap Content marketing yang lebih memfokus pada pembuatan dan distribusi konten yang sesuai dan konsisten agar bisa menarik audiens serta mempertahankan auidenst tersebut. Tujuanya adalah agar mendorong tindakan pelanggan yang bisa menghasilkan keuntungan.

Bentuk Conten Marketing

Strategi pemasaran yang memanfaatkan konten untuk menarik audiesn  mulai dari video, artikel blog, podcast, ebook, newsletter, konten media sosial, dan lain-lain. Dengan membuat strategi yang tepat diharapkan yang  relevan, dan menarik secara konsisten pada audiens dapat  berpeluang menarik manfaat secara maksimal, serta membangun kepercayaan  anda dengan audiens.
Pengertian Content Marketing, Strategi Pemasaran Content - Sobatops
Pengertian Content Marketing, Strategi Pemasaran Content - Sobatops

Membuat konten untuk membangun brand awareness

Konten yang  umum digunakan serta menjadi tujuan paling banyak dari strategi dalam kegiatan pemasaran. Hasil survei  menunjukkan, kalau membangun brand awareness merupakan tujuan utama mayoritas program pemasaran di perusahaan business-to-business yang dilakukan. Pada tahap ini, kita tidak sedang menjual sebuah produk, akan tetapi memperkenalkan area persoalan yang potensial diselesaikan dengan menggunakan produk atau layanan brand Anda.

Tujuan dari tahap ini adalah untuk menarik perhatian audiensr, pembuatan konten pada tahap ini juga merupakan langkah dasar untuk membangun sebuah pondasi atau images brand pada kategori tertentu; sekaligus juga menampilkan konten positif dan inspiratif berdasarkan karakteristik yang ingin ditonjolkan dari brand Anda, pada audiens yang menjadi target.  Bentuk aktivitas content marketing yang umum dan biasa digunakan pada tahap ini adalah kampanye atau promosi dalam skala besar, dengan mengoptimalkan peran influencer di media sosial, sponsored artices di media massa terkemuka, serta kampanye content marketing yang konsisten.

Membuat konten untuk mengukuhkan brand building

Brand building merupakan proses yang berjalan secara kontinuews dari waktu ke waktu, dan tidak terbatas pada rentangan waktu sesaat untuk keperluan meningkatkan kinerja terhadap brand Anda secara instan. Selangkah lebih dalam dari membangun brand awareness, inti dari tahapan ini adalah penciptaan nilai (value-adding). Pada langkah ini, audiens mulai di doktrin secara emosional, bahwa produk atau layanan jasa  Anda adalah bagian dari solusi terbaik yang mereka butuhkan; dan dilakukan secara berkala dan konsisten.

Bentuk konten yang buat biasanya bertujuan memotivasi konsumen dan mengikat mereka secara emosional dengan keuntungan dari menggunakan produk atau layanan Anda. Bentuk content marketing yang umum digunakan adalah portal konten, on-site content marketing, atau portal video.

Membuat konten untuk mendorong product consideration

Strategi terbaik untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah menjaring pendapat dari konsumen yang sudah pernah menggunakan produk atau layanan jasa  kita, dan hasilnya dari kegiatan tersebut dapat kita digunakan untuk materi pada kegiatan content marketing di tahap ini.

Hal yang perlu diperhatikan dalam konten  untuk menarik keputusan pembeli atau audiens. Ketika pembelian atau penggunaan sebuah produk atau layanan kita, kebanyakan konsumen membaca atau mempertimbangkan secara detail, saran dari konsumen yang sudah pernah menggunakannya; dan hal itu sangat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.  Maka itu, pada tahapan ini bentuk konten yang biasanya digunakan adalah white paper, interview, case studies, hingga video cara penggunaan produk, dan tentunya testimonial.

Dengan menerapkan setrategi sesuai dengan  tahapan di atas, Anda memiliki peluang lebih baik untuk memikat konsumen atau pelanggan lewat konten yang mengedukasi, inspiratif, menghibur, bahkan memuaskan rasa penasaran. Berbeda jika kita menggunakan iklan konvensional, kemungkinan audiens lebih menikmati konten pemasaran kita  lebih banyak, dari pada hanya hanya secara monoton dengan iklan dan pesan promosi yang tak menyentuh kepentingan atau elemen emosional audiens yang disasar.

Brand juga tidak berjalan statis, tapi terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu agar tumbuh makin kuat. Hal tersebut sangat bergantung pada strategi kita dalam  menghadapi siklus brand. Selalu ada hal dan perubahan yang menantang, serta membuka peluang baru; sehingga sangat penting untuk selalu menyesuaikan strategi content marketing, dengan tujuan brand Anda secara berkala.

Pastikan kesuksesan kegiatan promosi atau  pemasaran Anda dengan cara mengelolanya dengan tepat.


https://somadrug1.blogspot.com/2018/05/pengertian-content-marketing-strategi.html
Please write your comments