Artificial intelligence / Kecerdasan Buatan Adalah - Kita4Suka

Artificial intelligence / Kecerdasan Buatan Adalah

Artificial intelligence / Kecerdasan Buatan Adalah


Artificial intelligence merupakan inovasi baru di bidang ilmu pengetahuan. Mulai ada sejak muncul komputer modern, yakni pada 1940 dan 1950. Ilmu pengetahuan komputer ini khusus ditujukan dalam perancangan otomatisasi tingkah laku cerdas dalam sistem kecerdasan komputer.

Awalnya komputer difungsikan sebagai alat hitung. Seiring dengan perkembangan jaman, komputer diharapkan dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang dikerjakan oleh manusia. Manusia bisa pandai menyelesaikan masalah karena mempunyai pengetahuan, penalaran dan pengalaman. Agar komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia, maka komputer harus diberi bekal pengetahuan dan mempunyai kemampuan  menalar. AI merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapatmelakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia.

Terdapat beberapa definisi yang diungkapkan oleh para ahli untuk dapat memberi gambaran mengenai kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) beberapa diantaranya:

Encyclopedia Britannica, kecerdasan buatan adalah cabang ilmu komputer yang merepresentasi pengetahuan lebih banyak dengan menggunakan bentuk simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.
H. A. Simon (1987), kecerdasan buatan merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait pemrograman komputer untuk melakukan hal yang dalam perspektif manusia adalah cerdas.
Rich and Knight (1991), kecerdasan buatan merupakan sebuah bidang studi tentang bagaimana caranya membuat komputer dapat melakukan hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.

Aspek penting kecerdasan buatan

Sistem pakar : Komputer digunakan sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar. Dengan demikian komputer akan memiliki keahlian untuk menyelesaikan masalah dengan meniru keahlian yang dimiliki para pakar.

Pengolahan bahasa alami : Dengan pengolahan bahasa alami ini diharapkan user mampu berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari-hari.

Pengenalan ucapan : Melalui pengenalan ucapan diharapkan manusia mampu berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan suara.

Robotika dan Sistem sensor
Computer vision : mencoba untuk dapat mengintrepetasikan gambar atau objek-objek tampak melalui komputer.

Intelligent Computer aid Instruction : Komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar.

4 Dasar Kategori di Konsep dasar Ai (Kecerdasan Buatan)

1. Acting Humanly
Acting humanly ialah system yang melakukan pendekatan dengan menirukan tingkah laku seperti manusia yang dikenalkan pada tahun 1950 degan cara kerja pengujian melalui teletype yaitu jika penguji (integrator) tidak dapat membedakan yang mengintrogasai antara manusia dan computer maka computer tersebut dikatakan lolos(menjadi kecerdasan buatan).

2. Thinking Humanly
Yaitu system yang dilakukan dengan cara intropeksi yaitu penangkapan pemikiran psikologis
Manusia pada computer,hal ini sering diujikan dengan neuron ke neuron lainnya atau sel otak dengan sel otak lainnya cara pembelajarannya yaitu melalui experiment-experimen.

3. Thinking Rationaly
Ini merupakn system yang sangat sulit ,karena sering terjadi kesalah dala, prinsip dan prakteknya,system ini dikenal dengan penalaran komputasi.

4. Actng Rationaly
Yaitu system yang melakukan aksi dengan cara menciptakan suatu robotika cerdas yang menggantikan tugas manusia.

Perbandingan Kecerdasan Buatan dengan Kecerdasan Alamiah


Keuntungan Kecerdasan Buatan:
• lebih permanen
• memberikan kemudahan dalam duplikasi dan penyebaran
• relatif lebih murah dari kecerdasan alamiah
• Konsisten dan teliti
• Dapat didokumentasi
• Dapat mengerjakan beberapa task dengan lebih cepat dan lebih baik dibanding manusia

Keuntungan Kecerdasan Alamiah:
• Bersifat lebih kreatif
• Dapat melakukan proses pembelajaran secara langsung, sementara AI harus mendapatkan masukan berupa simbol dan representasi-representasi
• Fokus yang luas sebagai referensi untuk pengambilan keputusan sebaliknya AI menggunakan fokus yang sempit


http://gusdanela.blogspot.com/2014/02/pengantar-kecerdasan-buatan-kecerdasan.html
http://fryunfirst.blogspot.com/2015/06/artificial-intelligence-kecerdasan.html
http://lang8088.blogspot.com/2012/03/pendahuluan-kecerdasan-buatan.html
https://irpantips4u.blogspot.com/2012/12/konsep-dasar-artificial-intelligence-ai.html
http://wisatapikiran.blogspot.com/2013/03/kecerdasan-buatan.html
Please write your comments